Sempurnakan Persiapan Melahirkan dengan 5 Cara Ini

Persiapan untuk melahirkan adalah sesuatu yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh setiap orang tua yang akan segera mendapatkan momongan. Hal ini terbilang sangat mutlak dilakukan agar nantinya persalinan bisa berjalan secara lebih lancar. Lantas apa saja yang mesti dipersiapkan untuk proses persalinan ini? Berikut ada 5 cara yang bisa menyempurnakan persiapan ini.

1. Mengetahui Hari Kelahiran Buah Hati

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetahui hari kelahrian buah hati Anda nantinya. Caranya sendiri bisa dilakukan dengan melakukan konsultasi terhadap dokter kandungan hingga menghitung hari lahir dengan membandingkannya dengan hari terakhir haid. Hal ini terbilang penting untuk membuat kedua orang lebih mempersiapakan diri dengan baik.

2. Tentukan Tempat Bersalin yang Tepat

Tempat bersalin yang tepat juga adalah perkara penting bagi Anda yang sedang mempersiapkan kelahiran. Kesalahan banyak orang adalah hanya dengan mempersiapkan satu tujuan tempat bersalin saja. Padahal dengan melakukan hal ini akan meningkatkan risiko berbagai hal yang tidak diinginkan ketika hari kelahiran nantinya. Sesuatu yang pastinya akan merugikan.

Cara untuk mengantisipasinya adalah dengan menentukan tempat bersalin yang lebih dari satu. Setidaknya minimal Anda sudah menentukan dua target tempat bersalin yang diincar. Hal ini penting dilakukan agar Anda memiliki tujuan tempat bersalin cadangan apabila tujuan bersalin yang utama ternyata tidak bisa diandalkan.

3. Persiapkan Perlengkapan Ibu Ketika Akan Melahirkan

Tentunya ketika melahirkan nantinya akan banyak sekali perlengkapan yang dibutuhkan oleh si ibu. Pasti akan sangat merepotkan apabila perlengkapan tersebut mesti membeli dulu sebelum berangkat ke Rumah Sakit. Solusinya adalah dengan mempersiapkan perlengkapan ini jauh-jauh hari sebelumnya. Mulai dari baju ganti, baju bayi hingga pembalut khusus wanita.

4. Persiapkan Kondisi Metal Si Ibu

Persiapan melahirkan yang berikutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah mempersiapkan kondisi mental si ibu. Hal ini terbilang sangat penting agar nantinya proses persalinan bisa berjalan secara lebih lancar. Soalnya kondisi mental dari sang ibu akan sangat mempengaruhi kelancaran dan kecepatan dari proses melahirkan nantinya.

5. Persiapkan Pendonor yang Cocok

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan pendonor yang cocok. Kalau bisa, Anda mempersiapkan lebih dari satu pendonor yang cocok. Seperti yang diketahui bahwa para pendonor akan sangat dibutuhkan perannya ketika proses melahirkan nantinya. Terutama ketika si ibu mengalami pendarahan dalam menjalani proses melahirkan tersebut.

Persiapkan pendonor yang cocok ini jauh-jauh hari dan pastikan minimal ada dua orang yang cocok. Hal ini dilakukan untuk mencegah apabila ada salah satu pendonor yang ternyata berhalangan hadir di persalinan nantinya. Persiapan persalinan memang bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Apalagi bagi orang tua yang baru saja menjalani pengalaman pertama memiliki buah hati. Berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas bisa dijadikan referensi terbaik Anda sebagai orang tua yang ingin menjalani proses persalinan.