Melaksanakan Aqiqah Untuk Diri Sendiri

jasa akikah jogja

Bagi setiap orang pasti ingin melaksanakan acara aqiqah buat anaknya. Karena ibadah sunnah itu dilakukan dengan cara menyembelih kambing, domba atau sejenisnya di hari ketujuh kelahiran sang anak. Apabila bayi yang lahir berjenis kelamin laki-laki membutuhkan dua ekor kambing, kalau perempuan hanya butuh satu ekor saja. Kemudian daging tersebut dimasak terlebih dahulu baru selanjutnya dibagikan pada orang-orang. Apabila anda bingung mengurusi segala keperluan tentang aqiqah, anda bisa memakai jasa aqiqah Jogja untuk mengurusinya. Lalu bagaimana mengadakan aqiqah untuk diri sendiri?

Sebelum kita membahas tentang aqiqah diri sendiri, sebaiknya anda semua mengetahui akan hukum aqiqah untuk orang tua. Apabila di saat yang ditentukan yaitu hari ketujuh kelahiran si anak, namun orang tua belum mampu untuk mengadakan aqiqah tetap boleh melaksanakan saat hari ke-14 atau 21. Misal ternyata belum mampu juga karena segi keuangan khususnya, dapat meng-aqiqahi anak kapan saja. Lebih baik sebelum anak masuk usia baligh. Seperti inilah keindahan dari Islam, karena semuanya sudah diatur sedemikian rupa sampai ibadah apapun tidak memberatkan para pengikutnya.

Tanggung jawab dari orang tua yang pertama adalah mengaqiqahi anak yang lahir. Walau sebenarnya dalam kondisi cukup, ternyata tidak semua orang tua mempunyai niatan untuk melaksanakan penyembelihan kambing atau domba untuk wujud syukur terhadap Allah. Padahal di sisi lain banyak sosok orang tua yang ingin mengaqiqahi anaknya namun tidak memiliki kemampuan khususnya biaya. Pada keadaan orang tua yang terbilang mampu saat anak terlahir namun tidak di aqiqahi, tetap dianjurkan supaya anak tetap dilakukan prosesi tersebut walau telah dewasa. Berbeda hukumnya dengan anak yang lahir namun ekonomi orang tua pas-pasan atau kurang. Jika keadaan seperti ini, tanggung jawab orang tua gugur untuk mengaqiqahi sang buah hati. Apabila anda kurang paham dengan proses aqiqah dan apa saja keperluan yang dibutuhkan, anda bisa memakai jasa aqiqah Jogja.

Sedangkan hukum aqiqah untuk diri sendiri, ternyata muncul beberapa pendapat dari para ulama yang berbeda-beda. Namun apabila disimpulkan menurut hukum aqiqah secara umumnya, bahwa aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah sunah utama, walau tidak wajib. Tetap sosok orang tua yang dianjurkan untuk mengaqiqahi anak, maka bukan diri sendiri yang melaksanakan prosesi tersebut meskipun minta bantuan jasa aqiqah Jogja. Jadi pilihannya ada dua, boleh saja mengaqiqahi diri sendiri ada juga yang tidak.